Arkeolog Indonesia Mencari Kapal Kuno

| 0 comments

Liputan6.com, Mataram: Tim arkeolog Indonesia berencana mencari kapal kuno yang dilaporkan terkubur setelah Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggarabarat, meletus pada 1815. "Memang benar kami tujuh orang peneliti arkeologi akan beraktivitas di sekitar Gunung Tambora selama 12 hari terhitung 7 Juli," ujar I Made Griya, arkeolog dari Balai Arkeologi Denpasar Bali, Sabtu (3/7).

Menurut Made Griya, selain arkeolog Denpasar, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga akan ikut serta. Mereka akan melakukan serangkaian penelitian di sekitar Gunung Tambora, sekaligus membuktikan bahwa di kawasan Kawinda Toi terdapat kapal kuno. "Menurut masyarakat ada temuan kapal kuno. Itu yang akan kami cari keberadaannya," kata Made Griya, seperti ditulis Antara.

Made Griya menambahkan, selama penggalian arkeologi pada 2004, tim arkeolog menemukan sisa kebudayaan yang terkubur material letusan Gunung Tambora. Material ditemukan di kedalaman tiga kilometer pada endapan piroklastik. Artefak ditemukan pada posisi yang sama ketika terjadi letusan pada 1815.

0 comments:

Post a Comment

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

CONTACT US

About Me

My Photo
LSOtour(Visit Sumbawa)
LSO (Lombok Sumbawa Overland) is a Trip advisory, that will assist you to arrange your trip and adventure during your holidays.
View my complete profile

Blogger templates

Powered by Blogger.